Rabu, 19 Mei 2010

TIPS TULIS POSTING BAGI MOBILE BLOGGER

Blogging menggunakan ponsel memang ribet dan kadang mengecewakan. Misalnya, setelah selesai menulis dan tinggal posting, sinyal nggak mau konek.
Karena artikel tersebut tersimpan di browser, maka saat browser ditutup <!--more--> artikelnya pun hilang. Kasihan deh lo!
Ada tips bermanfaat untuk Anda yang mengalami kejadian serupa. Yaitu menggunakan smartphone, seperti symbian, windows mobile, blackberry dan ponsel dengan sistem operasi lainnya.
Caranya
1. Tulis artikel Anda di menu SMS, yaitu dengan "tulis pesan baru".
2. Tekan tombol menu (ingat, ponsel symbian memiliki 1 tombol khusus untuk mengakses menu, itulah tombol yang saya maksud).
3. Buka browser internet untuk posting, sebaiknya opera mini 4 ke atas.
4. Login ke blog hosting Anda.
5. Pilih menu "New Post".
6. Tekan dan tahan tombol menu yang tadi saya maksud. Di situ Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang aktif di ponsel Anda.
7. Gulir ke SMS, tekan untuk membuka.
8. Anda dapat menyalin/copy artikel yang tadi Anda tulis di menu SMS.Caranya: tempatkan pointer ke awal text yang Anda kehendaki, kemudian tekan dan tahan tombol pensil (tombol yang ada gambar pensil ini dapat ditemui di ponsel s60v2). Lalu gulir pointer ke arah yang Anda mau, bisa ke kiri maupun ke bawah sambil tetap menahan tombol pensil. Anda akan melihat text tersebut ter-block, tekan "salin/copy" yang biasanya muncul di tombol pilihan kiri.
9. Tekan dan tahan tombol menu. Pilih browser tadi.
10. Tekan input text untuk menulis "New Post" di hosting tersebut.
11. Tekan dan tahan tombol pensil, tekan "paste" yang biasanya muncul di tombol pilihan kanan.
12. Sekarang Anda dapat mengirim post tersebut.
Kelebihan cara ini adalah saat sinyal jelek, Anda dapat menyimpan artikel yang ditulis di menu SMS ke "draft". Saat sinyal sudah oke, Anda bisa kembali melakukan cara di atas untuk mengirim post. Jadi nggak ada lagi yang namanya artikel hilang karena gagal posting. Hehe...
Good luck..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar